MENANGGAPI SIARAN ATAU INFORMASI DARI MEDIA
ELEKTRONIK (BERITA DAN NONBERITA)
SK : Memahami siaran atau cerita yang disampaikan secara
langsung/ tidak langsung.
KD :
Menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita).
Langkah-langkah
penyusunan rubrik penilaian:
1. Menentukan
kriteria
* Kesesuaian tanggapan
* Kesesuaian tanggapan
-
Kesesuaian
isi tanggapan dengan topik berita.
*Keruntutan tanggapan
*Keruntutan tanggapan
-
Pembuka,
isi, dan penutup.
* Keefektifan bahasa
* Keefektifan bahasa
-
Diksi
(baku—tidak baku).
-
Struktur
kalimat.
*Kelancaran tanggapan
*Kelancaran tanggapan
-
Kelancaran
dalam menyampaikan tanggapan.
Emampuan mengontrol emosi
Emampuan mengontrol emosi
-
Sabar,
tidak emosional.
2. Mendefinisikan
kriteria
Kesesuaian tanggapan yaitu kesesuaian isi tanggapan terhadap topik berita.
Keruntutan tanggapan yaitu isi tanggapan disampaikan secara runtut dengan memperhatikan bagian pembuka, isi, dan penutup.
Keefektifan bahasa dimaknai sebagai ketepatan diksi (baku atau tidak baku) dan struktur bahasa.
Kelancaran tanggapan yaitu tanggapan disampaikan dengan lancar (tidak tersendat-sendat).
Kemampuan mengontrol emosi yaitu tidak emosional dalam memberikan tanggapan.
Kesesuaian tanggapan yaitu kesesuaian isi tanggapan terhadap topik berita.
Keruntutan tanggapan yaitu isi tanggapan disampaikan secara runtut dengan memperhatikan bagian pembuka, isi, dan penutup.
Keefektifan bahasa dimaknai sebagai ketepatan diksi (baku atau tidak baku) dan struktur bahasa.
Kelancaran tanggapan yaitu tanggapan disampaikan dengan lancar (tidak tersendat-sendat).
Kemampuan mengontrol emosi yaitu tidak emosional dalam memberikan tanggapan.
3. Menentukan
bobot kriteria
Kesesuaian
tanggapan : 30
Keruntutan
tanggapan : 25
Keefektifan
bahasa : 25
Kelancaran
tangapan : 10
Kemampuan
mengontrol emosi : 10
Jumlah 100
4. Menentukan
tingkat kinerja
Tingkat
kinerja ada 5untuk setiap kriteria
5. Membuat
deskriptor
Kesesuaian tanggapan
Kesesuaian tanggapan
-
1
: Semua isi tanggapan tidak sesuai
dengan topik berita.
-
2 : Sedikit isi tangggapan sesuai dengan
topik berita.
-
3 : Separuh isi tanggapan sesuai dengan
topik berita.
-
4 : Sebahagian besar isi tanggapan sesuai
dengan topik berita.
-
5 : Semua isi tanggapan sesuai dengan topik
berita.
Keruntutan tanggapan
Keruntutan tanggapan
-
1
: Keruntutan tanggapan tidak
memperhatikan bagian pembuka, isi, dan penutup.
-
2
: Keruntutan tanggapan hanya
mengutarakan bagian pembuka saja.
-
3
: Keruntutan tanggapan hanya
mengutarakan bagian isi.
-
4
: Keruntutan tanggapan mengutarakan
bagian pembuka, isi, dan penutup tapi tidak sistematik.
-
5
: Keruntutan tanggapan mengutarakan
bagian pembuka, isi, dan penutup secara
sistematik.
Keefektifan bahasa
Keefektifan bahasa
-
1
: Ketepatan diksi (baku atau tidak
baku) dan struktur bahasa sangat tidak sesuai.
-
2 : Ketepatan diksi (baku atau tidak baku)
dan struktur bahasa tidak sesuai.
-
3
: Ketepatan diksi (baku atau tidak
baku) dan struktur bahasa kurang sesuai.
-
4
: Ketepatan diksi (baku atau tidak
baku) dan struktur bahasa sesuai.
-
5
: Ketepatan diksi (baku atau tidak
baku) dan struktur bahasa sangat sesuai.
Kelancaran tanggapan
Kelancaran tanggapan
-
1
: Sangat tidak lancar dalam
memberikan tanggapan.
-
2
: Tidak lancar dalam memberikan
tanggapan.
-
3
: Kurang lancar dalam memberikan
tanggapan.
-
4
: Lancar dalam memberikan tanggapan.
-
5
: Sangat lancar dalam memberikan
tanggapan.
Kemampuan mengontrol emosi
Kemampuan mengontrol emosi
-
1
: Sangat emosional dalam memberikan
tanggapan.
-
2
: Emosional dalam memberikan
tanggapan.
-
3
: Kurang emosional dalam memberikan
tanggapan.
-
4
: Tidak emosional dalam memberikan
tanggapan.
-
5
: Sangat tidak emosional dalam
memberikan tanggapan.
Tabel:
Rubrik Penilaian dalam Menanggapi
siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
No.
|
Kriteria
|
Bobot
|
Tingkat
Kinerja
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kesesuaian tanggapan
|
30
|
Semua
isi tanggapan tidak sesuai dengan topik berita.
|
Sedikit
isi tangggapan sesuai dengan topik berita.
|
Separuh
isi tanggapan sesuai dengan topik berita.
|
Sebahagian
besar isi tanggapan sesuai dengan topik berita.
|
Semua
isi tanggapan sesuai dengan topik berita.
|
2.
|
Keruntutan tanggapan
|
25
|
Keruntutan tanggapan tidak memperhati
kan bagian pembuka, isi, dan penutup.
|
Keruntutan tanggapan hanya
mengutara kan bagian pembuka saja.
|
Keruntutan tanggapan hanya
mengutarakan bagian isi.
|
Keruntutan tanggapan
mengutarakan bagian pembuka, isi, dan penutup tapi tidak sistematik.
|
Keruntutan tanggapan
mengutarakan bagian pembuka, isi, dan penutup
secara sistematik.
|
3.
|
Keefektifan
bahasa : 25
|
25
|
Ketepatan diksi
(baku atau tidak baku) dan struktur bahasa sangat tidak sesuai.
|
Ketepatan diksi
(baku atau tidak baku) dan struktur bahasa tidak sesuai.
|
Ketepatan diksi
(baku atau tidak baku) dan struktur bahasa kurang sesuai.
|
ketepatan diksi
(baku atau tidak baku) dan struktur bahasa sesuai.
|
Ketepatan diksi
(baku atau tidak baku) dan struktur bahasa sangat sesuai.
|
4.
|
Kelancaran
tanggapan
|
10
|
Sangat tidak
lancar dalam memberikan tanggapan.
|
Tidak lancar
dalam memberikan tanggapan.
|
Kurang lancar dalam
memberikan tanggapan.
|
Lancar dalam
memberikan tanggapan.
|
Sangat lancar
dalam memberikan tanggapan.
|
5.
|
Kemampuan mengontrol emosi
|
10
|
Sangat
emosional dalam memberikan tanggapan.
|
Emosional
dalam memberikan tanggapan.
|
Kurang
emosional dalam memberikan tanggapan.
|
Tidak
emosional dalam memberikan tanggapan.
|
Sangat
tidak emosional dalam memberikan tanggapan.
|
Jumlah
|
100
|
100
|
200
|
300
|
400
|
500
|
Komentar:
1.
______________________________________________________________________________
2.
______________________________________________________________________________
3.
______________________________________________________________________________
4.
______________________________________________________________________________
5.
______________________________________________________________________________
6.
Dts.
Maaf saya ingin bertanya ini sumbernya dapat dari buku apa ya?
ReplyDeletetolong gan.. sebutkan sumber bukunya. biar bisa di beli bukunya.
ReplyDelete