Tuesday 27 November 2018

KEBEBASAN JADI KEBABLASAN



Siapa yang tak ingin bebas? semua orang pun pastinya ingin bebas dalam menjalani setiap kehidupannya tanpa ada kekangan sehingga bisa melakukan apa saja yang disukai. Kebebasan merupakan sesuatu yang berharga dalam hidup yang selalu di dambakan setiap orang, Ketika kebebasan itu tiada pastinya seseorang akan mencoba mencari kebebasan dengan berbagai cara meskipun cara yang ditempuhnya kurang baik.


Di masa sekarang ini tentunya kebebasan begitu terasa, mulai dari bebas berpendapat, bebas berbicara, bebas berekspresi dan lain sebagainya membuat hidup yang dijalani menjadi seru adanya. Teknologi dan informasi di masa kini serta internet menjadi sebuah fasilitas untuk mengekspresikan kebebasan seseorang baik dalam sebuah karya atau hanya sekedar kata. Bicara tentang kebebasan itu sendiri sudah seharusnya kita syukuri karena kebebasan yang kita jalani membuat tak ada hambatan atau halangan yang berarti yang menjegal kebebasan dalam hidup kita.

Namun di dalam setiap kebebasan sendiri tentunya seringkali tersimpan jebakan, bebas yang kita jalani dalam hidup ini tentu menyenangkan akan tetapi pada ujungnya kebebasan dalam hidup ini memliki batasnya dan tak bisa hidup bebas-sebebas bebasnya. Hidup ini tak lepas dari aturan dan norma, itulah realita dalam hidup kita. Banyak orang yang mencari kebebasan dalam hidupnya namun pada ujungnya seringkali menjadi kebebasan yang kebablasan.

Kita memang bebas untuk berbicara dan mengemukakan pendapat, namun jika kita terlalu bebas mengemukakan pendapat pada ujungnya malah menjadi hate speech, bicara SARA, hingga menyebar hoax yang ujungnya berurusan dengan hukum. Tidak salah memang dalam mengemukakan pendapat, namun alangkah baiknya sampaikan dengan bijak dan tidak mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas atau kotor.

Dalam hal bergaul pun kita bebas bergaul dengan siapa saja, namun pergaulan yang terlalu bebas pun pasti bisa membahayakan diri sendiri seperti terjerumus pada sesuatu yang salah, ikut ikutan bertindak kriminal dan lain sebagainya. Memilih pergaulan memang sudah seharusnya dilakukan, hal ini bertujuan agar kita tetap berada pada sesuatu yang benar dan tidak terjebak pada kesalahan yang menenggelamkan hidup kita sendiri.


Menggunakan teknologi masa kini termasuk bermain internet dan media sosial pun kita harus bisa bijak, tak semua hal bebas di ekspesikan begitu saja di media sosial seperti keluhan, masalah pribadi, penghinaan dan sebagainya yang lebih baik tidak di umbar di media sosial. Tanpa mengatakan di media sosial itu lebih baik karena menghargai privasinya sendiri ketimbang harus mempermalukan dirinya sendiri di muka umum.

Hidup kita memang membutuhkan sebuah kebebasan, namun sudah seharusnya kita bisa memahami hidup ini bahwa bebas yang secara berlebihan pun tidaklah baik. Nikmatilah kebebasan namun dalam sewajarnya saja dan jalani hidup ini dengan baik tanpa tergoda oleh kebebasan tiada batas yang hanya sebuah hal semu belaka. 

No comments:

Post a Comment