Monday 26 November 2018

SEBERAPA PENTINGKAH SEKOLAH???


Pendidikan merupakan salah satu yang sangat diperjuangkan Pemerintah Indonesia bagi masyarakatnya. Berbagai program dikeluarkan pemerintah untuk memperbaiki pendidikan masyarakat Indonesia seperti kartu jakarta pintar, dana bantuan operasional sekolah (BOS), beasiswa bidik misi, beasiswa LPDP, program wajib belajar 9 tahun dan masih banyak lainnya. Tidak hanya dari pihak pemerintah, pihak swasta juga ikut andil dalam bidang pendidikan dengan cara memberikan beasiswa maupun mendirikan lembaga pendidikan non komersil. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah maupun swasta berkonsentrasi terhadap sektor ini.

Keinginan membangun sektor pendidikan agar merata bagi masyarakat, seringkali dicederai oleh ulah oknum – oknum yang menghina sektor ini. Oknum artis dangdut yang baru saja berkomentar di media sosial bahwa sekolah itu tidak penting. Oknum masyrakat yang merasa bahwa dapat hidup tanpa harus bersekolah ataupun oknum mantan pelajar atau mahasiswa yang merasa tidak mendapatkan hasil dari bersekolah atau kuliah. Oknum – oknum ini merasa tidak mendapatkan hasil dari bersekolah. Mereka merasa bahwa ketika terjun ke dunia kerja atau usaha, mereka harus belajar ulang kembali ataupun ilmu mereka tidak digunakan.


Sekolah maupun universitas adalah tempat bagi seseorang untuk belajar sebelum terjun ke dunia kerja maupun  usaha . Apabila proses pembelajaran dilaksanakan dengan benar tanpa adanya kecurangan agar hanya dapat lulus, maka seseorang akan merasakan manfaat dari sekolah tersebut. Seorang teknisi mesin lulusan sekolah teknik mesin (STM) ataupun sarjana teknik tidak akan merusak mesin yang harganya puluhan milyar karena mengetahui prosedur penanganannya atau perbaikannya. Bandingkan apabila seorang teknisi mesin yang berasal dari pengalaman saja tanpa sekolah, maka teknisi tersebut mungkin saja dapat merusak mesin karena belum tahu prosedurnya serta sistem coba – coba.  Anda tentu saja tidak mungkin coba – coba di perusahaan tempat kalian bekerja karena dapat merugikan perusahaan tersebut. Nah sekolah ataupun universitas merupakan tempat kalian untuk “try dan error” bersama dengan dosen ataupun pengajar. Setidaknya kalian mengetahui dasarnya dan  melakukan sistem coba – coba yang tidak buta.

Selain mengajarkan skill, pendidikan sekolah juga mengajarkan agar anda dapat diterima oleh masyarakat. Namun sayangnya masih saja ada orang terdidik yang justru melakukan suatu hal yang tidak wajar di masyarakat bukan . Inilah yang menyebabkan masyrakat mungkin merasa bahwa pendidikan sekolah itu tidak penting. Pemikiran itu jelas sangat salah karena orang terdidik yang melakukan hal yang tidak wajar ataupun melanggar etika sebenarnya mengetahui perbuatannya itu salah. Mereka mengetahui bahwa itu salah namun tetap melakukannya demi kepentingan ekonomi, maupun politik. Jadi janganlah berpikir bahwa mereka tidak tahu itu salah namun merekalah yang memilih melakukan hal tersebut dengan motif tertentu.

Ada beberapa anggapan lain bahwa tidak tamat sekolah pun dapat menjadi orang terkaya di dunia ataupun menjadi presiden ataupun menteri. Pemikiran dan anggapan ini terus berkembang di masyarakat yang justru menyesatkan asumsi masyarakat. Mereka yang sukses tanpa pendidikan sekolah sebenarnya terdidik juga melalui pengalaman, percobaaan dan kesalahan yang berulang. Mereka berkali – kali gagal sebelum mencapai kesuksesan tersebut. Mereka melakukan pergorbanan yang banyak disebabkan proses pembelajaran otodidak tersebut. Bayangkan seorang yang tidak terdidik melakukan investasi saham di bursa efek, mereka pasti akan berinvestasi dengan cara mereka sendiri yang beraneka ragam  sedangkan seorang yang terdidik pasti akan melakukan analisa keuangan, survey, prediksi masa lalu. Mereka tentu akan lebih matang karena telah belajar di sekolah maupun universitas sedangkan yang tidak terdidik tentu akan matang juga apabila telah mengalami berbagai macam pengalaman rugi. Seberapa besar kalian sanggup untuk menanggung kerugian di dunia nyata akibat “try and error” atau sistem coba – coba.

Pemikiran Pendidikan Sekolah “Tidak Penting” itu Salah Besar


Dengan melalui pendidikan sekolah maupun universitas, anda akan meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi karena anda sudah mengetahui dulu melalui proses pembelajaran. Anda tidak akan mengulang kesalahan yang dilakukan pendahulu kalian di jaman dulu.

Pemikiran Pendidikan Sekolah “Tidak Penting” itu Salah Besar


Mengapa pendidikan sekolah direndahkan orang – orang ?

Pendidikan sekolah maupun universitas seringkali direndahkan orang karena proses pembelajaran yang gagal. Oknum – oknum pihak penyelenggara pendidikan seringkali menciderai proses pembelajaran. Pihak yang dididik pun seringkali menghalalkan segala cara agar dapat lulus tepat waktu tanpa mendapatkan pembelajaran yang baik. Nah pihak – pihak ini juga yang seringkali menghina proses pembelajaran.

Selain proses pembelajaran yang gagal, seringkali orang sukses yang tanpa sekolah mengagungkan kesuksesannya dengan berkata “ saya saja bisa sukses tanpa harus sekolah”. Kesombongan manusia yang menutupi kekurangannya justru mempengaruhi pemikiran orang lainnya untuk tidak bersekolah. Menjadi sukses tanpa sekolah itu bisa tapi risiko kegagalannya juga sangat besar dibanding mereka yang bersekolah. Jadi apakah anda akan mengambil risko besar tersebut atau meminimalisir risiko tersebut?. Anda yang memilih



Sumur :disini

No comments:

Post a Comment